Kamis, 05 Januari 2012

AURORA


1.  PENGERTIAN AURORA
Aurora adalah fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari (angin matahari).

2.    PROSES TERJADINYA AURORA
Aurora adalah hasil emisi foton di atas bumi tepatnya di atas 80 Km. Aurora terjadi akibat adanya tabrakan antara ion dan atom dari medan magnet bumi dan badai Matahari. Karena itulah Aurora hanya dapat dilihat di bagian Kutub atau disekitar kutub Bumi.  Karena bagian Kutub memiliki Medan magnet yang lebih kuat dibandingkan dengan bagian lain di Bumi. Apakah Aurora bisa terjadi di Indonesia ? saya rasa tidak karena kekuatan magnetik di daerah khatulistiwa sangat kecil. hal ini tidak memenuhi syarat untuk terjadinya Aurora. 


3.    WARNA
Aurora memiliki warna yang beragam tergantung unsur apa yang diemisikannya  
Warna Hijau atau merah : unsur yang diemisi adalah Oksigen
Warna Biru atau Merah : unsur yang diemisi adalah Nitrogen



4. HUBUNGAN ANTARA MAGNETOSFER ,BADAI MATAHARI DAN AURORA


       Aurora terbentuk karena interaksi partikel-partikel atmosfer bumi dengan partikel bermuatan dari matahari (plasma), kemudian saat mendekati medan magnet bumi (yang terpusat di kutub utara dan selatan) maka plasma akan tertarik ke kutub-kutub bumi, saat bertemu dengan partikel atmosfer bumi terjadi eksitasi-relaksasi elektron sehingga memendarkan warna yang indah.
       Dengan kata lain, Angin matahari yang membawa pancaran plasma mendekati bumi, lalu plasma ini tertarik/dibelokan ke pusat magnet bumi (kutub utara dan selatan), saat plasma ini bertemu partikel atmosfer bumi terjadilah interaksi diantara keduanya sehingga memendarkan warna yang indah, itulah Aurora 
       Fenomena aurora ini terkait dengan selubung medan magnet/magnetosfer Bumi dan aktifitas kemunculan bahaya dari Matahari. 
       Semakin kuat dan lama cahaya aurora, dapat diperkirakan semakin kuat gangguan dari Matahari yang dikenal sebagai badai matahari (solar storm). 




http://rovicky.files.wordpress.com/2006/07/aurora
http://itsmefurzy.blogspot.com/2011/11/ini-dia-gambar-aurora-yang-menakjubkan.html

6 komentar:

  1. re-edit dunk, koq blocking gitu fontnya =_= di ganti warna putih aja..
    ukurannya juga di sesuaikan biar bagus..

    BalasHapus
  2. haha.. makloem lg belajar,,, ada saran???? tolong ya,,, saya sangat menerima kritik dan saran yg sifatnya membangun, agar lebih baik ke dpannya...:)

    BalasHapus
  3. RAHMAT : OK SY CBA EDIT LG.. TRIMAKSH..
    SRING2 KSNI Y..:)

    BalasHapus
  4. hehe, masama :D btw.. warnanya jangan biru..
    terlalu kontras sama backgroundnnya =_+ jadi kerasa terhipnotis.. tidur nih.. tidur nih.. Z_z

    BalasHapus
  5. oylah,, nanti drubah lagi, folow me y... gek q foow back lah..heheh

    BalasHapus